Memiliki Rumah Sendiri Saat Masih Muda, Apa Salahnya? Ini Tipsnya

Memiliki Rumah Sendiri Saat Masih Muda, Apa Salahnya Ini Tipsnya
Memiliki Rumah Sendiri Saat Masih Muda, Apa Salahnya Ini Tipsnya

diserbu.com – Memiliki rumah sebelum usia 30 tahun adalah sebuah pencapaian yang tidak semua orang bisa merasakannya. Bila kamu ingin memiliki rumah sebelum usia 30 tahun penulis akan membagi sedikit tips dari pengalaman pribadi. Apa saja tips memiliki rumah sebelum usia 30 tahun? silahkan disimak.

Tentukan Target

Untuk bisa memiliki rumah sebelum usia 30 tahun hal pertama yang kamu lakukan adalah menentukan target. Target yang dimaksud disini adalah Kapan? Dimana? dan Bagaimana? Untuk “kapan?” sudah jelas sesuai dengan judul tulisan ini yaitu sebelum usia 30 tahun. Kamu bisa menentukan pilihanmu sendiri mau usia 20, 23 atau kapanpun kamu mau, yang pasti dibawah usia 30 tahun. dimana dan bagaimana akan dibahas di bawah ini

Survey Lokasi

Survey lokasi menjadi tips berikutnya dalam usaha memiliki rumah sebelum usia 30 tahun. Tidak perlu bingung melihat harga rumah di tengah kota yang harganya selangit kalau rumah dipinggiran harganya lebih terjangkau. Pastikan bahwa daerah tersebut akan berkembang setidaknya 5 tahun kedepan. daerah pinggiran akan menawarkan harga yang lebih murah. Sebagai perbandingan rumah di daerah tengah Kota Bengkulu untuk type 45-48/150 adalah sekitar 240-300juta sementara rumah di daerah pinggiran yang penulis tinggali “hanya” 185 juta untuk type 48/150 ditahun 2015 dan sekarang sudah menjadi 225juta. Ingat selisih 60-120juta adalah jumlah yang besar bila kamu mau membeli rumah dengan KPR. Tutup telinga rapat-rapat ketika ada teman kamu yang mendengar kamu mau membeli rumah di daerah pinggiran berkata “Alangkah jauhnya?” atau kalimat sejenis yang sejujurnya hanya akan mengacaukan pikiranmu.

Cari KPR yang cocok

Tips selanjutnya dalam usaha memiliki rumah sebelum usia 30 tahun adalah mencari KPR yang cocok. silahkan skip ini jika kamu mempunyai uang cash untuk membeli rumah. Jangan tergiur dengan iming-iming bunga flat 2 tahun bila anda tidak ingin sesak nafas di tahun ketiga. Hanya ada 2 KPR dengan bunga Flat yaitu KPR subsidi (biasanya Bank BTN) dan KPR syariah. Bila anda memilih rumah type 36 subsidi silahkan ambil KPR subsidi, bila anda memilih rumah komersil silahkan ambil KPR syariah.

Saran dari penulis ambilah KPR Syariah untuk rumah komersil walaupun angsuran diawal lebih besar. Sebagai perbandingan untuk KPR 185 juta, bank konvensional akan memberikan tawaran angsuran flat 2 tahun dengan bunga 7,5% per tahun yaitu sebesar kira-kira 2,3 juta/bulan dan ditahun ketiga akan melonjak mengikuti fluktuasi bunga BI dikalikan 2 atau sesuai kebijakan dari Bank, kira-kira menjadi 3-3,4 juta, sementara KPR Syariah akan flat, berkisar di angka 2.4-2,7 juta. “kalau suku bunga BI turun gimana?” jawabannya simpel, belum pernah ada cerita bunga BI turun, bunga KPR juga ikut turun, malah akan tetap atau naik. Jadi KPR syariah lebih menguntungkan untuk jangka panjang.

Menabung untuk DP

Bila kamu ingin memiliki rumah sebelum usia 30 tahun, mulailah menabung 30-50% gaji kamu. Bila menabung dalam bentuk uang susah, belikan emas di penggadaian dengan cara kredit. Emas mempunyai harga yang stabil, jarang turun, dan cenderung naik, kalaupun turun kamu tidak akan rugi. Jangan pernah menggunakan KTA (Kredit Tanpa Anggunan) sebagai DP bila anda tidak ingin sesak nafas di tengah jalan. Peraturan BI juga tidak memperbolehkan KTA untuk DP KPR karena bunga KTA tergolong tinggi dan resiko kredit macet besar. Investasi lainnya seperti Reksadana, atau asuransi kesehatan yang preminya bisa diambil setelah 5 tahun bisa kamu manfaatkan untuk dijadikan DP. Pilihan lain yaitu menggunakan progam PUMP (Pinjaman Uang Muka Perumahan) dari BPJS sebesar 20 juta rupiah dengan bunga rendah dan bisa diangsur sampai 10 tahun. Program PUMP ini hanya bisa digunakan untuk KPR Subsidi. Dengan angsuran sekitar 250ribuan perbulan ditambah angsuran rumah bukan hal yang berat bila kamu memang ada niat. Bila 250ribu perbulan itu berat kamu bisa mengurangi jajan kamu yang nggak penting, pangkas uang rokok untuk kamu yang merokok, kurangi karaokean tiap minggu, apalagi clubbing.

Munculkan The Power Of “Kepepet” dalam diri anda

Tips selanjutnya bila kamu ingin memiliki rumah sebelum usia 30 tahun adalah memnunculkan the power of kepepet. Saran dari pakar keuangan bila ingin mengambil KPR adalah angsuran tidak boleh lebih besar dari 30% pendapataan bulanan. Tapi kamu bisa sedikit nekat untuk mengambil angsuran kira-kira samapi 50% pendapatan bulanan kamu. Untuk apa? Untuk memunculkan the power of kepepet. Karena hampir setiap orang akan keluar potensi aslinya ketika kepepet. Ketika kamu kepepet mungkin kamu bisa lebih hemat, kamu bisa lebih rajin mencari pendapatan tambahan dan sebagainya yang selama ini tidak kamu lakukan karena kamu tidak kepepet. Rejeki sudah ada yang ngatur, tinggal kamu bisa mengatur diri sendiri atau tidak.

Amati, Pelajari, dan “Tutup Telinga”

Setelah kamu mempraktekkan hal diatas beberapa orang disekitar kamu bahkan teman dekatmu akan bertanya tentang keputusanmu. Ada yang memuji, ada yang biasa saja, dan tidak sedikit yang meragukan kemampuan kamu ataupun mencibir. Untuk yang terakhir tadi kamu bisa sesekali menjelaskan kepada mereka sisi positif dari keputusan yang kamu ambil. Bila itu dirasa tidak cukup kamu cukup “tutup telinga”. Ingat kemampuanmu ketika kamu masih kecil, ketika orang tuamu memarahimu atau menasehatimu, masuk kuping kanan keluar kuping kiri. Manfaatkan kemampuan itu untuk orang yang tidak bisa diberi pengertian dengan penjelasan.

Itu saja tips dari diserbu.com bila kamu ingin memiliki rumah sebelum usia 30 tahun. Pengen cepat terealisasi? Terapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *